Thursday, July 22, 2010

PAUD Tentukan Kualitas SDM

WONOGIRI - Direktur PAUD Departemen Pendidikan (Depdiknas) Dr Sudjarwo MSc menyatakan pendidikan anak usia dini (PAUD) berperan penting dalam menentukan pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM). Dia menyatakan hal itu, Rabu (13/5), saat kunjungan kerja ke Wonogiri. Saat itu dia menyerahkan 60 orang peserta pelatihan kerja tingkat nasional yang akan kerja lapangan di Wonogiri. Mereka dari 16 kabupaten di enam provinsi Indonesia, yakni NTB, Kalimantan Barat, Yogyakarta, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Wonogiri dipilih karena perkembangan PAUD-nya terpesat di Indonesia. Kepala Dinas Pendidikan Wonogiri Drs H Suparno MPd menyatakan tahun 2005 Wonogiri hanya memiliki 42 PAUD dengan peserta didik 928 orang. Namun tahun ini, sudah ada 219 lembaga PAUD dengan peserta didik 5.557 orang.

Sudjarwo menyatakan pelayanan pendidikan anak usia dini di Indonesia baru mencapai sekitar 21 juta anak. Lembaga PAUD baru 182.201. Bantuan pemerintah baru 25% dari kebutuhan Rp 5 triliun. Diproyeksikan, tahun 2010 pelayanan pendidikan pada anak usia dini mencapai 58,7%.




Berdasar hasil penelitian di negara maju, seperti AS dan negara-negara Eropa, perhatian terhadap anak usia dini dinilai penting. "Bahkan anak dididik sejak di dalam kandungan," katanya.
Masa Emas
Karena itu, ujar dia, sangat keliru bila masih ada orang berpendapat PAUD tak penting. Dia mengingatkan perkembangan anak sampai usia delapan tahun merupakan masa emas pertumbuhan. Anak-anak harus diberi pendidikan yang baik dan betul.

"Jangan beri tekanan mental yang berdampak negatif terhadap perkembangan jiwa anak pada masa datang," ujar dia.

Pembelajaran anak usia dini harus menggunakan pendekatan holistik, demokratis, bebas, tanpa tekanan. Jadi, kata dia, kelak tumbuh insan yang cerdas, kreatif, inovatif, dan kompetitif.

Maka, PAUD harus disikapi secara arif dan bijaksana. "Jangan sampai berkonflik dengan TK," ujar dia.(P27-53) -suara merdeka-



Related Articles by Categories


0 komentar:

free counters
Grab this Widget ~ Blogger Accessories